Akibat Perkembangan Teknologi

Posted by Unknown
Sebelum ada listrik, orang menggunakan lilin untuk menerangi rumahnya. Sebelum ada kompor gas, orang menggunakan kayu bakar untuk memasak. Sebelum ada pena, orang menggunakan batu untuk menulis. Seiring berkembangnya teknologi, orang-orang semakin mudah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Akibatnya, ada dampak positif dan negatifnya. Dampak positif, orang menjadi semakin kreatif sedangkan dampak negatif, orang cenderung bergantung pada teknologi tanpa usaha keras. Salah satu contoh nyata adalah kebiasaan orang dalam mencuci baju.

Dulu, orang-orang mencuci baju dengan tangan mereka. Butuh waktu lama untuk menyelesaikannya dan terkadang kaki terasa pegal karena terlalu lama duduk. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan ide-ide kreatif yang bermunculan, terciptalah mesin cuci. Orang tak perlu capek menggunakan tangan sebab mesin telah menggantikan pekerjaan mereka. Hanya butuh waktu singkat, baju telah selesai dicuci dengan mesin cuci. Akan tetapi, karena ada mesin, orang menjadi bermalas-malasan dan cenderung bergantung pada teknologi. Walaupun ada mesin cuci, namun mereka menjadi malas mencuci sendiri dengan mesin cuci. Sehingga yang dilakukan adalah pergi ke laundry. Dampak tersebut sangat terlihat saat ini.
Hal di atas bisa menjadi dampak positif maupun dampak negatif. Hal terpenting adalah sikap seseorang yang harus pintar-pintar memanfaatkan perkembangan teknologi sekarang ini. Dapat dengan tetap berkreatiftas dan tidak bermalas-malasan apapun alasannya. Sebab malas sedikit saja akan terbawa semakin panjang dan menjadikan diri tidak maju.

0 comments:

Post a Comment